Minggu 19 Juni 2022, SMK Ma’arif 6 Ayah kembali mengadakan acara “Family Gathering” ke Dieng. Para rombongan  berangkat  sekitar pukul 22.00 WIB. Acara yang digagas oleh SMK Ma’arif 6 Ayah bekerjasama dengan Utama Tour & Travel ini mengunjungi Kawasan Dieng, dengan tujuan Bukit Sikunir, Komplek Candi Dieng, Kawah Sikidang, dan Batu Angkruk.

Setelah perjalanan yang cukup melelehkan, akhirnya rombongan “Family Gathering” sampai di kota Wonosobo. Kota ini benar-benar memukau, berada di daerah pegunungan, kota ini terlihat sangat bersih sekali. Lalu lintas kota yang masih sepi di pagi hari dan kebersihan kota ini menyambut rombongan ini.

Di Wonosobo hanya transit sebentar dan beralih meggunakan shuttle (bus kecil), karena bus besar tidak bisa naik. Perjalanan dilanjutkan langsung ke Bukit Sikunir, sebelum naik ke puncak rombongan melaksanakan sholat shubuh dahulu di kedai yang ada di area bawah bukit.

Previous
Next

Setelah selesai sholat shubuh, sekitar pukul 04.30 WIB rombongan langsung melanjutkan perjalanan ke puncak bukit sikunir supaya bisa menikmati Sunrise dari atas bukit. Perjuangan rombongan pun tak sia-sia, dengan kondisi yang sangat mendukung (cerah) para rombongan bisa menikmati sunrise dari atas bukit.

Previous
Next

Setelah puas menikmati sunrise dari atas puncak bukit sikunir, rombongan akhirnya turun dan melanjutkan perjalanan selanjutnya. Sebelum ke kawasan Dieng Plateau, acara selanjutnya yaitu istirahat dan sarapan pagi. 

Previous
Next

Setelah selesai istirahat dan sarapan pagi, perjalanan dilanjutkan langsung ke Dieng plateu, sebuah daerah dengan ketinggian 2000 Meter diatas permukaan laut ini merupakan dataran tertinggi terluas nomor 2 setelah pegunungan di daerah Nepal.

Tiba di Dieng Plateu, rombongan langsung bergegas menuju komplek candi Pandawa Lima. Obyek wisata di Dieng sangat menarik sekali, lalu pemandangan disekitar hamparan tanaman kentang yang luas, pemandangan pegunungan disekelilingnya dan jugu suhu dingin membuat kawasan ini indah sekali. Menyejukkan!

Previous
Next

Setelah puas menikmati keindahan komplek candi di dieng, perjalanan dilanjutkan ke kawasan kawah sikidang yang berjarak tidak terlalu jauh dari kawasan candi.Kawah Sikidang menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata karena selain menyuguhkan pesona alam vulkanik juga terdapat beberapa daya tarik wisata buatan yang dikelola oleh masyarakat setempat seperti penyewaan sepeda motor, kuda, spot-spot foto, berfoto dengan binatang (burung hantu), flying fox dan merebus telur dengan air dari kawah.

Kawah ini adalah kawah vulkanik dengan lubang kepundan berada di daerah dataran sehingga kawah dengan luas sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar, sehingga dapat disaksikan langsung dari bibir kawah. Kawah Sikidang merupakan kawah aktif terbesar di dataran Tinggi Dieng. Sampai saat ini Kawah Sikidang masih aktif mengeluarkan uap panas sehingga air kawah mendidih dan bergolak. Bau khas pegunungan berapi, kepulan asap putih selalu menghiasi penampilan kawah ini. Uap panas yang keluar disertai semburan air yang mendidih berwarna kelabu selalu muncul berpindah-pindah dan melompat-lompat dari seperti seekor kidang.

Previous
Next

Tujuan terakhir family gathering di dieng adalah kawasan Batu Angkruk. Di kawasan batu angkruk ini kita disuguhkan pemandangan gunung sindoro dan kawasan dieng dari ketinggian. Disini kita bisa menikmati pemandangan dari atas jembatan kaca, bagi yang suka berselfie ria ini merupakan tempat yang cocok untuk mengabadikan momen yang indah ini.

Previous
Next

Mungkin sekian perjalanan Family Gathering SMK Ma’arif 6 Ayah di Kawasan Dieng Plateau, semoga liburan ini membuat fresh dan kembali bersemangat untuk kedepannya. Tunggu cerita kami di Family Gathering tahun berikutnya ya..

Leave a Comment